500 Dirham Zakat Mal Segera Dibagikan

612

Melalui Baitul Mal Nusantara (BMN) sebanyak 500 Dirham perak zakat mal mulai dibagikan, di Tanjung Pinang, Depok, Jogyakarta dan Depok. Zakat ini dibagikan terutama kepada fakir dan  miskin. Dengan demikian maka zakat telah ditunaikan sesuai dengan rukunnya, yakni dibayarkan dan dibagikan hanya dalam bentuyk ayn (aset), dan dalam hal zakat harta uang dan barang perdagangan, dibayarkan berupa dinar emkas atau dirham perak.

Nisab zakat harta uang dan perniagaan sama, yakni 200 Dirham atau 20 Dinar, dengan haul selama satu tahun.  Berdasarkan ketentuannya zakat juha merupakan sedekah yang ditarik, dan bukan diserahkan secara sukarela, oleh otoritas Islam, yakni para amir atau sultan, atau petugas yang ditunjuknya. Baitul Mal adalah rumah harta para ulil amri dalam menjalankan tugas tersebut.

Dua hal pokok terkait dengan praktek pelaksanaan kewajiban zakat ini, yakni tersedianya Dinar dan Dirham, serta adanya para amir dan sultan yang menjalankannya, sangat penting dipahami dan dipatuhi umat Islam.  Sebab zakat adalah Rukun Islam. Tanpa pelaksanaan yang benar maka rukun ini roboh.

500 dirham

Umat Islam harus kembali berjamaah dan menunjuk para amirnya, yang salah satu a adalah mencetak dinar dan dirham, serta menaruik dan membagikan zakat atasnya.  Atau mengikuti amir yang telah ada dan menggunakan Dinar dan Dirhamnya yang dicetak dan diedarkannya. Secara bertahap umat Islam akan kembali terpimpin dan bersatu sebagai satu jamaah yang kokoh.