Bangkrutnya Deutsche Bank Akan Picu Krisis Finansial Dunia

626

Kemelut yang tengah dialami oleh bank Jerman terbesar, Deutsche Bank (DB), dikhawatirkan akan memicu rontoknya seluruh sistem keuangan dunia. Ini karena kait-mengaitnya dengan perbankan dan sistem keuangan dunia. Demikian kata Jim Rogers, seorang analis keuangan dunia, baru-baru ini.

Sebagaimana diketahui Deutsche Bank (DB) telah gagal bayar hutang sebesar USD 425 miliar. Sebelumnya terkena denda dari Departement Kehakiman AS sebesar USD 12 miliar. Saham Deutsche Bank (DB) pun telah terjun mendekati 10% dan sebentar lagi saham itu akan di buang orang ramai dari portfolio.

DB bisa saja menjadi bank terbesar di Eropa yang jatuh dalam putaran angin krisis perbankan di Eropa. Kejatuhan DB akan berdampak sistemik bagi zona Eropa juga dunia. Mengapa ? Ada dua bank yang akan segera jatuh bila DB juga jatuh. Diantaranya adalah Citigroup dan  Barclay Bank. Dan bila dua bank ini jatuh maka akan ada puluhan bank besar juga bankrut.

DB

Selain itu, protofolio  perbankan di China juga ada pada DB. Kalau sampai DB bangkrut maka ini akan semakin keras tekanan terhadap perbankan di China atas NPL yang ada. Ini akan berdampak USD 3,5 triliun equity bank di China akan hilang sedikitnya 10%. Sebagian besar portfolio negara-negara Arab kaya minyak juga ada di DB. Dan kebangkrutan DB akan memangkas sedikitnya USD 1 triliun uang negara negara Arab menguap begitu saja.

Tentu masyarakat harus mengantisipasi kemungkinan ini. Caranya miliki aset. Kurangi uang kertas. Jauhi perbankan. Mulai dunakan dinar emas dan dirham perak. Ikuti komunitas penggunanya. Dan bertransaksil;ah sesamanya.