Untuk Lepas Monopoli Bank Sentral, Barcelona Akan Cetak Uang Sendiri

975

Kota Barcelona, Spanyol, sedang mempersiapkan sebuah rencana untuk memperkenalkan mata uang sendiri.  Ini sebagai upaya untuk lepas dari monopoli penuh Bank sentral Spanyol. Tentu timbul peringatan dari bbank sentral Spanyol, tapi diabaikan.

Alat tukar  baru yang disebut “mata uang sosial” ini akan digunakan untuk membeli barang dan jasa lokal dengan diskon, dengan nilai tukar satu  mata uang baru lokal untuk satu  euro.
Warga dan pelaku bisnis akan dapat menukar euro mereka dengan mata uang baru dan gaj pegawai pemerintah kota  sebagian akan dibayarkan menggunakan mata uang baru.
Walikota Barcelona, Ada Colau, mengatakan program percontohan akan dimulai pada tahun 2017. Skema percontohan akan dilaksanakan di Besos, sebuah distrik kelas pekerja dari kota, pada 2018. Mata uang baru ini diharapkan dapat menjadi alat pembayaran yang sah pada 2019. Untuk menjalankan sistem ini perusahaan lokal harus mendafyarkan diri dan berpartisipasi dalam proyek.
Barcelona bukan yang pertama dari kita-kota di Eropa, juga di Spanyol, yang menerapkan uang lokal Kota Girona memiliki mata uang res, Sevilla puma dan Bilbao memiliki ekhi.
Mata uang alternatif juga ada di kota-kota di Perancis, Lyon dan Toulouse, Bristol di Inggris (di mana Walikota mengambil seluruh gajinya dalam Bristol Pound lokal), serta di Rosenheim, Jerman selatan. Mata uang lokal atau regional juga mulai muncul di AS, dengan San Francisco.

Demikianlah upaya masyarakat lepas dari cemgkeraman momopoli bank-bank sentral yang dimiliki perusahaan-perusahaan swasta. Di Indonesia kita punya pilihan yang lebih baik yaitu dinar emas dan dirham perak. Yuk gunakan keduanya.

3281700261001_5097391032001_5097381147001-th