Lagi, Belasan Muslim Baiat Kyai Mangku Negeri Tanjung Pura

440

Hari Rabu, 24 Agustus 2016, hari mulai larut. Waktu sekitar pukul 23.00, ketika dua orang Muslim di Kota Ketapang, menyatakan sumpah setianya (baiat) kepada Kyai mangku Negeri Tanjng Pura Darusaalam, Haji Morkes Effendi, di Balai Peranginan Mangku Negeri tanjung Pura. Pekik Allahu Akbar membahana. Sejenak, susul-menyusul, beberapa orang berikutnya melakukan hal yang sama. Semuanya ada 11 orang yang berbaiat malam itu.

Baiat adalah salah satu sunnah Rasul SAW yang kini makin menghilang di kalangan umat Islam. Tapi kini telah kembali, memnandakan kerinduan umat Islam untuk kembali hidup secara berjamaah, dipimpin oleh seorang amir atau sultan.

Mangku Negeri Tanjung Pura Darussalam tengah berbenah untuk kembali menegakkan syariat dan sunnah yang lama hilang. Kehidupan berjamaah, dengan koridor muamalah dan ibadah. Beberapa kegiatan yang dilakukan di Mangku Negeri Tanjung Pura, di bawah kepemimpinan Kyai Mangku Negeri Morkes Effendi, adalah menarik dan membagikan zakat dalam dinar dan dirham, menyelenggarakan pasar muamalah tanpa sewa dan pajak, membina pkaum muda dalam berbagai kegiatan seperti memanah, pencak silat, berkuda, serta kajian Islam, Iman dan Ihsan. Dalam waktu dekat akan dimulai pencetakan Dinar dan Dirham.

Kegiatan baiat di atas adalah gelombang ketiga, setelah Ramadhan lalu, lebih dari dua puluh Muslim telah menyatakan sumpah setianya  kepada Kyai Mangku Negeri Morkes Effendi. Semoga Al


lah SWT meridhoinya.

baiat1

baiat2

baiat3