Bergulir Kencang, Gerakan California Merdeka

400

Negara Bagian California ingin memisahkan diri dari AS, dan boleh jadi ini akan menjadi salah satu hal yang ¬†mengawali runtuhnya imperium AS. Melalui gerakan yang disebut dengan The Yes California Independence Campaign, dikenal sebagai “Calexit”, terus bergulir dan menguat. Inisiatif ini telah berlangsung sekitar dua tahun lalu. Terpilihnya Donald Trump sebagai Preaiden AS makin memperkuat gerakan ini.

Warga California menolak Trump. Dalam pemilu baru-baru ini Trump kalah lebih dari 4 juta suara di California.

Pekan depan kelompok Pro California Merdeka akan mulai mengumpulkan tanda tangan agar bisa dilakukan referendum. Jumlah tanda tangan yang diperlukan hanya 585.407 suara, dalam  waktu 180 hari. Bila hasilnya positif, maka akan dilanjutkan dengan referendum pada tabun 2018/2019.

California merasa terbebani oleh negara bagian alin di AS karenanya mulai timbul keinginan memisahkan diri.

California memiliki kekuatan ekonomi keenam di dunia, lebih kuat dari Perancis. Jumlah penduduknya lebih besar dari Polandia. Dalam semua lini California dianggap lebih unggul dari 49 negara bagian lain.

Warga California juga memandang banyak memiliki tata nilai yang bertentangan dengan AS. California juga merasa terlalu banyak memsubsidi negara bagian lain.

calexit