Besok Beredar, Dirham Sultan Bintan terbitan 1437 H

410

Sabtu, 14 Mei 2016 akan menjadi hari penting bagi umat Islam umumnya, karena Sultan Haji Huzrin Hood, dari Kesultanan Bintan Darul Masyhur (KBDM) akan meluncurkan koin Dirham atas namanya, untuk cetakan 1437 H. Ini adalah seri cetakan kedua Dirham KBDM, yang pertama beredar sejak dua tahun lalu, 1435H. Tidak ada yang berubah, tentu saja, dalam hal standar Dirham. Tetap berkadar 99.95%  dengan berat 2.975 gr.

Perubahannya  ada dua hal pada corak koin. Pertama, pergantian tahun pencetakan, yakni dari 1435 H menjadi 1437 H. Kedua, dalam koin KBDM terbitan 1437 H, tidak lagi mencantumkan “World Islamic Mint”, karena pencetakan koin KBDM telah  dilakukan secara lebih mandiri. Meskipun demikian, sebagai koin perak yang berstandar syar’i, koin Dirham KBDM tetap berlaku umum dan diterima di seluruh dunia dengan dasar suka rela.

Pencetakan dan pereedaran Koin KBDM seri 1437H ini menandai kemajuan dan keberlanjutan yang dicapai dalam upaya umat Islam untuk menegakkan syariat muamalah dan kembalinya amar Islam, di bawah duli para sultan.  Langkah-langkah Sultan Huzrin Hood telah menjadi inspirasi dan contoh bagi kesultanan-kesultanan lain di Nusantara.

“Acara besok juga akan dihadiri oleh para tetamu Bupati Kepri, sekitar 50 orang. Juga utusan dari Kedatuan Luwu, Bone, Sulawesi,” ujar Sultan Huzrin Hood.

Bersamaan dengan peluncuran Dirham baru ini  Sultan Huzrin Hood juga akan mencanangkan “Gerakan 1 Juta Dirham untuk Muamalah dan Sedekah”. Esoknya, Ahad 15 Mei 2016, dilanjutkan dengan penanaman pohon di arena Wakaf Pesantren Muamalah Tembeling.

Dirham Bintan 1437 H