BitCoen, Uang Kripto “Halal” Pertama Khusus Bagi Yahudi

1780

Larangan riba berlaku bagi semua umat, termasuk Yahudi, Kristem, dan Muslim. Tapi larangan ini kini banyak dilanggar. Ada saja akal-akalan yng dibuat untuk menghalalkannya. Jadilah ada bank-bank “halal” bagi Muslim (dengan label bank syariah) atau “kosher” dalam istilah orang Yahudi.

Ini yang terbaru: Pengusaha Yahudi Rusia Viacheslav Semenchuk telah mengumumkan rencana penawaran koin awal (initial coin offering atau ICO) dari mata uang digital “kosher” atau “halal” pertama di dunia yang ditujukan khusus untuk komunitas Yahudi di seluruh dunia. Namanya BitCoen.

BitCoen, yang berasal dari kata  ‘pendeta’ bahasa Ibrani, telah dibuat untuk mempermudah pembayaran di masyarakat Yahudi, menurut Semenchuk. Pada saat yang sama, BitСoen bisa dibeli oleh siapa saja. “Coen” adalah juga gelar di kalangan yahudi, seperti yang kita kenal di sini JP Coen.

Semenchuk mengatakan bahwa dia telah menginvestasikan $ AS 500.000 dalam proyek ini dan uang kripto yang baru didasarkan pada blockchain yang dikembangkan secara terpisah. Entah apa bedanya yang yang sudah lazim berlaku, seperti Bitcoin.

Pemasaran terbuka  BitCoen direncanakan untuk September 2017 setelah peluncuran perdana, yang berharap dapat menarik hingga $ AS 20 juta. Perusahaan meluncurkan ICO awal minggu ini seharga satu juta dolar AS untuk mengembangkan proyek ini.

“Kami saat ini sedang dalam pembicaraan dengan hampir seratus platform perdagangan dari 3000 yang ada,” kata Semenchuk, seperti dikutip harian bisnis RBK Rusia.

Pengembang akan mengeluarkan 100 juta BitCoen  dengan harga mulai satu dolar AS per token.   Jika memenuhi target, BitСoen akan menjadi mata uang digital ketujuh di dunia.

BitСoen akan dikontrol secara eksklusif oleh perwakilan komunitas Yahudi, yang akan membuat ‘Dewan Enam’. Dewan tersebut akan terdiri dari enam pemimpin masyarakat yang dihormati mulai dari bisnis, politik, keuangan, teknologi, pekerjaan umum, dan budaya di kalangan Yahudi. tentu ada semacam “Dewan Syariah” nya juga untuk memastikan “kehalalannya”.

Ada-ada saja memang cara manusia menentang Tuhan, menghalalkan yang diharamkan. Bisa diperkirakan, tak lama nanti, akan ada uang kripto  yang dinyatakan sebagai BitCoin Syariah! Relaitasnya sudah ada, dengan menyebut dirinya DinarDirham Digital. Tinggal menunggu penghalalannya secara resmi saja.