Bukti Otentik Dinar Emas Khalifah Malik bin Marwan, 4.25 Gr

1376

 

 

 

 

Koin Dinar emas yang pertama kali dicetak oleh Khalifah Malik bin Marwan, pada tahun 74 Hijrah, yang pernah ditemukan, dipastikan asli. Validasi tersebut berasal dari Dr Samir al-Khadem, presiden Komunitas Numismatik  Arab dan Dunia Islam yang bermarkas di Beirut.

Koin Dinar pertama ini berkadar 22,8 karat dan “dicetak pada tahun tujuh puluh empat, abad pertama Hijrah (74AH)”, al-Khadem mengatakan kepada pemiliknya.

Sisi depan koin menampilkan sosok  Khalifah Abdul Malik bin Marwan dengan prasasti dalam karakter Kufi di sepanjang garis tengah. Sisi lain menampilkan kalimat Tauhid. “Tidak ada Tuhan selain Allah dan Muhammad adalah utusan Allah,” yang dicetak sepanjang batas tepi.

Dr al-Kadem menyimpulkan bahwa “Dinar ini milik Khalifah Umayyah Abdul Malik bin Marwan. Ini adalah Dinar asli dan ini adalah prototipe  dinar dan mata uang Islam pertama.”

Keasliannya  menyangkut berat, diameter dan kehalusan serta bentuknya.  Koin dinar emas paling asli menunjukkan berat 4.25 gm mengandung 95,1% emas, dengan perak, seng, tembaga dan paladium sebagai sisanya. Koin ini memiliki diameter vertikal 20 mm dan diameter horisontal 19 mm dan ketebalan 1 mm.

Malik bin Marwan lahir pada bulan Ramadhan tahun 23 H dan meninggal tahun 86 H atau 685-705 Masehi.  Jadi dia termasuk seorang tabiin. Dia banyak belajar dan mendapatkan sunnahlangsung dari para sahabat. Sejak kecil ia sudah menghafal al-Qur’an dan berguru langsung kepada Usman  bin Affan. Selain belajar menghafal al-Qur’an, ia juga belajar hadits, fikih, tafsir, dan lainnya. Dia di kenal dengan pribadi yang sangat cerdas dan memiliki kemampuan sebagai seorang faqih.

Jadi, koin Dinar cetakannya adalah dalil dan hujah yang sangat kuat, bagian dari Amal Ahlul Madinah. Dinar emas adalah 4.25 gr. Ini berimplikasi terhadap Nisab zakat mal yang ditetapkan oleh Rasul SAW sebanyak 20 Dinar. Jadi acuannya adalah mata uang, dengan berat 4.25 gr, bukan emas lantakan. Kalau dihitung dalam berat modern nisab zakat ini jadinya adalah 85 gr.  Kadarnya adalah 22 Karat.