Sultaniyya, Tata Pemerintahan Islam

851

Sultaniyya BookBuku ini merupakan terjemahan dari karya Shaykh Dr Abdalqadir as Sufi, berjudul asli Sultaniyya. Sesuai dengan judulnya Shaykh Abdalqadir menguraikan filosofi dan dasar-dasar pemerintahan Islam yang tidak lain didasarkan kepada pemerintahan personal, dan bukan kekuasaan sistem, sebagaimana dalam demokrasi modern.

Dalam konteks zaman kini, buku ini bukan saja unik, tetapi sungguh luar biasa, mendudukkan kembali suatu pemahaman penting yang telah hilang dari umat Islam, yakni aspek siyasah dan muamalah. Shaykh Abdalqadir menjelaskan konsep Sultaniyya bukan sekadar dari perspektif historis, tapi juga dalam konteks zaman kini, di tengah dominannya sistem politik ribawi, yakni negara fiskal.

Sinopsis dari buku itu menjelaskan:

“Sultaniyya adalah pernyataan modern yang definitif tentang kepemimpinan dalam Islam. Shaykh Abdalqadir as Sufi menelaah Islam di bawah judul-judul bab Dien, Daulah (Tata Pemerintahan), Wakaf, Perdagangan, Sultan – kekuasaan personal – dan Tasawwuf. Buku ini adalah satu-satunya pernyataan tentang kepemimpinan Islam saat ini di luar retorika palsu demokrasi konstitusional dan kapitalisme, di luar terorisme dan toleransi. Buku ini juga mencakup kajian komprehensif dan inspiratif dari sistem Wakaf di bawah Kekhalifahan Utsmani, yang didadasarkan kepada Sunnah Rasul kita, semoga Allah memberkatinya dan memberinya kedamaian, serta ringkasan dari model Perdagangan Islam kita sendiri, yang dapat kembali diterapkan dalam zaman ini.”

Pihak penerbit Pusataka Adina telah mencetak buku ini sejumlah 1000 eksemplar dalam edisi sampul keras. Buku ini dipasarkan dengan harga terjangkau, Rp 60.000, agar dapat dimiliki sebanyak mungkin orang. Buku Sultaniyya telah beredar sejak akhir tahun 2014 lalu.