China Di Ambang Bangkrut. Indonesia Terikut!

1790

China cepat atau lambat, kalau tidak lebih cepat malah,  akan bangkrut,.  Laporan terakhir dari analis keuangan terkemuka MC Kinsey’s menyebutkan utang publik China telah meningkat menjadi 31,7 triliun dolar, tahun 2014 lalu utang publik China masih 28,2 triliun dolar. Ini belum termasuk utang hasil dari penciptaan proyek-proyek mereka di Indonesia.

Bagaimana mungkin sebuah negara di tengah pertumbuhan ekonominya yang melemah tapi membentuk utang sebesar 3,5 triliun dolar dalam waktu kurang dari 2 tahun. Tahun ini memang China masih tumbuh di atas 6 %, namun tahun depan hanya tersisa 4% menurut para analis.

Nah, ada  yang jadi masalah buat Indonesia.  Sebagaimana diketahui Jokowi telah menyerahkan berbagai proyek mega kepada China.  Ada  infrastruktur, tol, listrik, kereta cepat, dan sebagainya.

“Semua mega proyek tersebut merupakan bumper untuk menahan bangkrutnya China,” ujar Daaeng Salamuddin, dosen Universitas Bung Karno, Jakarta.

Selanjutnya Daeng menjelaskan, kontrak dengan pemerintah Jokowi inilah yang kemudian dijadikan dasar oleh China untuk membentuk utang baru ke pasar keuangan. China bertahan dari utang ke utang baru. Ini adalah ekonomi yang semula kelontongan bubble oleh pembangunan sektor property secara  ugal ugalan. Dan ekornya sampai ke Teluk Jakarta dan Benoa , Bali.

“Lebih parah lagi Jokowi yang merasa ditopang China lalu menyerahkan mega proyek di Indonesia agar China bisa membentuk utang lebih banyak dengan landasan kontrak pembayaran oleh Jokowi. Sejak semula Jokowi selalu bilang ada uang, dan rupanya uang panas dari China yang dia maksud,” tambah Daeng Salamuddin

poros jakarta beijing

Menurut peneliti ini China tak mungkin selamat, kalau pun selamat karena diutangin lebih banyak lagi oleh institusi keuangan global atau karena mereka kuasai tanah, infrastruktur dan properti di indonesia. Tapi indonesia tak bisa selamat, Indonesia aman menjadi obyek pemerasan. Pajak RAKYAT Indonesia, keuntungan Bumn Indonesia akan tersedot menolong utang  China.

Dan,  Pemerintah Indonesia, telah menyerahkan pembangunan negeri gemah ripah loh jinawi ini justru   di atas tumpukan utang dan investasi uang panas China. Negara China bangkrut, Indonesia bakal terikut!