Setelah Deutsche Bank, Commerzbank Akan PHK Ribuan Karyawan

440

Perbankan di Jerman makin limbung.

Bank terbesar kedua Jerman, Commerzbank telah mengumumkan rencana untuk memangkas 9.600 pekerja, atau seperlima dari tenaga kerja yang, selama empat tahun ke depan. Commerzbank juga akan menangguhkan pembayaran dividen untuk pertama kalinya.Langkah ini merupakan bagian dari rencana restrukturisasi bank setelah baru-baru ini harus ditalangi.

Sebagai bagian dari over haul yuang harus dilakukan sebesar € 1,1 miliar, bank akan menggabungkan operasi bisnis dan memotong biaya untuk mengimbangi dampak dari menurunnya permintaan kredit dan kebijakan suku bunga negatif European Cental Bank.

Tahun lalu bank masih melaporkan keuntungan dari € 1,06 milyar, dan membayar dividen untuk pertama kalinya dalam delapan tahun pada angka 20 sen per saham.

Saham Commerzbank adalah 15 persen milik pemerintah Jerman, yang tentu saja membantunya selama krisis keuangan tahun 2008.

Commerzbank

Pengumuman rencana PHK Commerzbank ini  bersamaan dengan  saat Berlin harus memutuskan apakah akan menyelamatkan pemberi pinjaman terbesar Deutsche Bank yang menghadapi denda $ 14 miliar dari regulator AS. Deutsche Bank juga diharapkan untuk memangkas hampir 9.000 pekerjaan di seluruh dunia dan 200 cabang di pasar dalam negeri.

Masalah di Deutsche Bank ini saja  telah mengangkat pertanyaan tentang kesehatan kreditur besar Eropa lainnya. Beberapa analis khawatir permasalahan  bank  ini dapat memicu  krisis  keuangan yang lebih besar dari tahun 2008.