Diam-diam Perbankan AS Pun Sempoyongan

616

Tak banyak terungkap di media, para bankir di Amerika Serikat,  menerima multi-triliun dolar bailout yang didanai oleh uang rakyat , dan banyak eksekutif tingkat atas perbankan, justru  dipromosikan ke posisi dalam pemerintahan.  Pekan lalu adanya bank-bank yang menerima bailout  secara diam-diam  melalui Federal Reserve terendus oleh situs  FinFeed.com.

Menyusul stress test ekonomi , the Fed telah mengizinkan  30 bank di AS,  untuk membeli kembali saham mereka sendiri sebagai upaya untuk menjaga harga saham mereka  tidak hancur. Tentu, ini solusi sementara, sekadar menyembunyikan persoalan yang lebih mendasar. Krisis yang dialami AS pada 2008 tampaknya sama sekali tak membawa perubahan apa-apa.

Dalam kaitan dengan itu Dana Moneter Internasional (IMF) telah memperingatkan Fed untuk tidak menaikkan suku bunga minggu ini. IMF,  dan Bank Dunia,  telah menyerukan  kekhawatiran  bahwa kenaikan suku bunga akan membuat ‘panik dan kekacauan’.  Peringatan ini jelas menunjukkan kondisi perbankan di AS yang sebenarnya, dalam keadaan sempoyongan.

bank of America

Di Eropa, di Australia, di AS, semua sama saja, ketika sistem riba terus merajalela, suatu titik akan sampai kepada kehancurannya. Perbankan terkait satau dengan lainnya.  Fenomena krisis di sana-sini menandakan bahwa kriris perbankan global  akan datang setiap saat.