Dimulai, Kajian Buku “Fatwa tentang Bank dan Bunga Bank” di Sekolah Muamalah

827

Buku ini semula terbit dalam bahasa Inggris dengan judul Fatwa on Banking and The Use of Interest Received on Bank Deposits.  Terjemahan dalam bahasa Indonesianya telah diterbitkan oleh Pusataka Adina sebagai Bagian II buku  Tidak Syariahnya Bank Syariah karya Zaim Saidi. Dalam versi e-buknya dalam bahasa Inggris fatwa ini dapat didonlod di www.shaykhabdalqadir.com.

Buku ini sangatlah mendasar dan disusun berdasarkan kepada al Qur’an dan sunnah, dengan merujuk kepada beberapa kitab klasik, di antaranya al Muwatta dari Imam Malik dan Bidayatul Mujtahid dari Ibn Rushd. Dan, yang juga sangat penting, didasarkan kepada pemahaman sistem keuangan modern, yang pada umumnya  ulama tidak memahaminya.  Bukan cuma itu, Shaykh Umar Ibrahim  Vadillo bukan sekadar “ulama yang bercakap”. Shaykh Umar adalah ulama yang bertindak. Selama puluhan tahun Shaykh Umar melakukan berbagai upaya untuk menegakkan muamalah,  dengan mengenalkan dan menjalankan sejumlah pilarnya, seperti mencetak Dinar dan Dirham, pendirian pasar terbuka, menggerakkan perdagangan,  mengenalkan kembali qirad dan shirkat.

Isi fatwa on Deposit

Buku ini akan mulai ditelaah di Sekolah Muamalah mulai Sabtu, 16 April 2106, dikupas bab per bab selama beberapa pekan.Isi fatwa ini sendiri cukup luas cakupannya, mulai dari pengertian tentang riba, telaah tentang uang kertas, praktek perbankan dan perbankan Islam, beberapa kaidah dasar muamalah, dan sejumlah rekomendasi praktis bagi umat Islam untukbertindak.

Metodanya adalah melalui pembacaan langsung buku tersebut secara bergantian oleh peserta, yang kemudian diberikan keterangan atau komentar oleh nara sumber, Amir  Zaim Saidi.

Kajian ini terbuka untuk umum, tidak dipungut bayaran.  Berlangsung di Sekolah Muamalah:

Jl. M Ali No 2, Rt 03/04, Tanah baru, Depok.