Dimulai Kajian The Return of Khalifate

576

Kajian Return of Khalifate“Kekhalifahan bukan saja fundamental bagi Islam, ini merupakan landasan yang diperlukan bagi kekuatannya…Khilafah musti kembali ke poros bumi Anatolia, utamanya karena Sultaniyya dihentikan melalui kudeta. Betapapun hal itu tepat pada momentumnya, momentum itu telah lewat. Ini telah menghasilkan jeda kedua dalam kekuasaan Utsmani, satu keretakan singkat dalam kekuasaan Islam, hanya kurang dari 100 tahun. Bukanlah Keluarga Utsmani yang menajdi isu, tapi kembalinya Sultaniyya di jantung Istambul, pusat politik Islam di muka bumi, hari ini.”

Demikian Shaykh Dr Abdalqadir as Sufi mengawali buku The Return of the Khalifate yang diterbitkan pada 1996 lalu. Berbeda dari berbagai buku lain yang membahas Daulah Ustmani dari perspektif Orientalis Barat, maupun kelompok Wahabi yang banyak mengkritik Dinasti Utsmani, yang berdiri sejak 1299 dan berakhir pada 1924 itu, Shaykh Abdalqadir melihatnya dari historisitas Daulah Utsmani dalam kaitannya dengan dipaksakannya sistem kapitalisme modern di negeri tersebut.

Daulah Utsmani tidak pernah dikalahkan secara militer, tapi dijebak melalui jerat utang berbunga, setelah melewati sejumlah proses pembaruan. Bagaimanakah kita memahami runtuhnya Daulah Islam? Bagaimana pula strategi kembalinya?

Inilah yang hendak dikaji melalui buku ini. Kajian dimulai Sabtu, 30 Januari 2016, dan akan berlanjut setiap pekan.

Peserta Kajian Sekolah Muamalah tidak dipungut bayaran dan terbuka untuk umum.