Diprediksi, 2017 Mata Uang Euro Bakal Rontok

409

Peningkatan suku bunga the Fed baru-baru ini telah memberikan dampak “penguatan” dolar AS terhadap berbagai mata uang kertas lainnya.  Dalam waktu tak berapa lama pengaruhnya terhadap mata uang Uni Eropa, euro, juga  makin dirasakan. Bahkan ada prediksi nasib mata uang euro akan lebih buruk. Bila tidak mengalami penguatan dari keadaan saat ini euro diperikarakan bakal rontoh pada tahun 2017 nanti.

Nilai euro saat ini semakin turun terhadap dolar AS. Posisi yang pernah dicapainya (2008) dengan nilai tukar 1 euro = 1.6 dolar AS, telah jauh merosot. Saat ini tinggal 1 euro = 1.04 dolar AS.  Angkanya makin mendekati 1:1. Artinya nilai euro telah merosot sebanyak 35%.  Tidak mustahil, pada 2017, angka 1:1  ini akan tercapai, kalau tidak malah dolar AS mengungguli euro.

Nasib uang fiat, yang sebagian kecil berupa kertas dan sebagian ebsar berupa medan elektrik semata, akan sama. Semakin hari semakin merosot nilainya. Sesungguhnya sama sekali tidak bernilai, kecuali “kepercayaan” yang ditanamkan di benak masyarakat. Nilai uang gfiat adalah hasil manipulasi, yang selalu dipertahankan juga dengan manipulasi.

Tapi fitrah alamiah tak bisa dilawan. Sesuatu yang tak bernilai akan kembali tak bernilai.   Mulailah kenali dan gunakan mata uang emas dinar dan uang dirham perak.

euro-chart-2017