Dirundung Kesulitan, Deutsche Bank Ingkar Janji Tebus Emas

321

Para pelanggan Deutsche Bank, bank terbesar di Jerman, menghadapi masalah ketika Mereka ingin  menarik  emas fisik mereka dari investai yang disebut Xtra-Gold, ternyata ditolak oleh bank yang sedang sekarat ini.

Xetra-Gold adalah  sertifikat obligasi di Pasar Deutsche Börse dengan  Deutsche Bank adalah sponsor yang ditunjuk. Pada awalnya pemilik  sertifikat Xetra-Gold dinyatakan berhak untuk mengklaim emas fisiknya.

“Secara fisik didukung: Penerbit menggunakan hasil dari Xetra-Gold untuk membeli emas. Emas fisik disimpan di  Clearstream Banking Frankfurt AG, seluruhnya milik anak perusahaan dari Deutsche Börse. Untuk memfasilitasi pengiriman emas fisik, penerbit memegang sejumlah terbatas emas, dalam  rekening  pada Umicore AG&Co.” Ini janji tertulis Xetra-Gold kepada nasabah.

Namun, meskipun klaim semula setiap gram emas didukung oleh jumlah emas fisik yang sama, permintaan  pelanggan atas logam mulia ini ditolak. Pihak perusahaan hanya mengatakan “pelayanan ini tidak bisa diberikan lagikarena alasan bisnis.”

deutche bank

Duetsche Bank betul-betul dalam kesulitan. Pekan ini bank ini juga dinyatakan oleh Departemen Hehakiman AS harus membayar denda sebanyak 14 milyar dolar AS, karena berkontribusi menyebabkan krisis moneter 2008, karena melakukan manipulasi dalam jual beli kredit perumahan. Tapi, sejauh ini,  pihak Deutche Bank menolak membayar denda tersebut.