Donald Trump Bakal Lenyapkan The Fed (Federal Reserve of America)?

791

Donald Trump masih sibuk mencari orang-orang yang dipilihnya masuk kabinetnya. Beberapa hari lalu, ia menemui John Allison, yang sontak mendapat perhatian ramai pihak. Belum jelas posisi yang akan diberikan kepada Allison. DIperkirakan sebagai Ketua Komisi Sekuritas dan Bursa, Menteri Keuangan, atau Pengawasan The Fed.

Pertemuan ini menarik karena pernyataan Trump pada kampanye dulu yang mempertanyakan masa depan politik The Federal Reserve. Trump juga menyerukan audit atas thh Fed. Donald Trump juga orang yang menerima pembayaran dengan emas.

Dan Allison bahkan bersikap lebih jauh dari Trump: saat menjabat Direktur The Cato Institute, Allison menulis sebuah makalah yang mendukung penghapusan The Fed sama sekali.

“Saya akan singkirkan Federal Reserve karena volatilitas dalam perekonomian terutama disebabkan oleh The Fed,” tulis Allison dalam sebuah artikel untuk Cato Journal.

Allison mengatakan dalam artikel itu keberadaan the Fed merugikan stabilitas sistem keuangan.

“Ketika Fed secara radikal mengubah jumlah uang beredar, mendistorsi suku bunga, dan lebih-mengatur sektor keuangan, membuat perhitungan ekonomi rasional yang sulit,” tulis Allison. “Pasar membentuk gelembung, tetapi The Fed membuat mereka menjadi lebih buruk.”
USD 250.000 harus dihapuskan dan AS harus kembali ke sistem perbankan yang didukung oleh “standar emas.”

John Allison

Allison juga berpendapat untuk menaikkan cadangan modal yang lebih tinggi hingga 20% dari aset di bank. Saat ini bank hanya memiliki 80% modal cadangan.

Di masa lalu Presiden John F Kennedy dikenal sebagai orang yang juga berupaya menhentikan the Fed, dengan kembali mencetak mata uang dolar perak. Tapi Kennedy kemudian mati terbunuh.  Saaat ini sistem finansial ribawi tengah mengalamimaslah di seluruh dunia. Seruan untuk kembali kepada emas dan perak pun bergema di mana-mana.