Dua Bank Italia Bangkrut. Menyedot Talangan 17 Miliar Euro

1409

Berita kebangkrutan bank adalah rutinitas. Hanya soal giliran saja. Pekan ini dua bank utama di Italia dinyatakan bangkrut, dan memaksa pemerintah Roma menalangi (bail out) sampai sebesar 17 miliar Euro. Tahap pertama hari Minggu lalu dikeluarkan uang hasil pemajakan rakyat demi menyelamatkan bank bangkrut ini sebanyak 5,2 miliar Euro.

Dua bank yang rontok itu adalah  Banca Popolare di Vicenza dan Veneto Banca.  “Total sumber daya yang dimobilisasi bisa mencapai maksimum 17 miliar euro – namun biaya langsung yang dikeluarkan pemerintah   sedikit lebih dari 5 miliar euro,” kata Menteri Keuangan Pier Carlo Padoan.

Dia meyakinkan rakyat  Italia bahwa pada hari Senin “meja teller akan kembali beroperasi normal.” Perdana Menteri Italia Paolo Gentiloni membela langkah tersebut dengan alasan klasik sebagai “pembagian beban” yang vital, bukan sebagai penyitaan uang nasabah, yang bertujuan untuk menyelamatkan “pemegang rekening, penabung pada kedua bank ini,  mendukung mereka yang bekerja di bank-bank ini.”

Pemerintah membuat kesepakatan dengan bank ritel terbesar  di Italia, Intesa Sanpaolo, untuk mengambil alih sisa aset bank yang tersisa, dan setuju untuk memberikan “jaminan” lebih lanjut hingga € 12 miliar selebihnya. “Pemerintah telah menggunakan peraturan Eropa dengan cara terbaik,” kata Padoan, seperti dikutip AFP.

Bank Sentral Eropa menarik dukungan  pada kedua bank tersebut pada hari Jumat, dan menyatakan bahwa mereka “gagal atau mungkin gagal,” setelah dua tahun melakukan pengawasan setelah mengalami tekor  modal dan lonjakan kredit macet. Keputusan darurat untuk melikuidasi kedua bank – yang harus diisahkan menjadi undang-undang oleh parlemen dalam waktu 60 hari – secara efektif  menjadikan dua bank ini sebagai bagian dari Intesa yang mengakuisisnya, mulai Senin.

Menteri keuangan Italia meyakinkan pemegang rekening kecil dan “pemegang saham senior” bahwa dana mereka akan “dilunasi 100 persen.” Namun, pegawai bank menghadapi potensi risiko terkena PHK massal.

Sistem riba, di mana pun, sangat rapuh. Kehancurannya adalah keniscayaan.