Erdogan Cuekin Penilaian Perusahaan Pemeringkat Yang Rendahkan Turki

423

“Saya tidak peduli sama sekali, mereka membuat kesalahan dan mereka melakukannya dengan sengaja. Apakah Anda jujur atau tidak, ekonomi Turki  saat ini kuat, ” kata pemimpin Presiden Tayyib  Erdogan Turki.
Setelah kudeta militer gagal di Turki pada 15 Juli lalu, pemeringkat dunia,   S&P telah memangkas peringkat Turki menjadi  BB, dua tingkat  di bawah investment grade.  Sementara perusahaan Fitch menurunkan  Peringkat Turki di BBB-, atau poisi  terendah investment grade,  dan menyatakan kondisi  dari stabil menjadi negatif.  Sedang  perusahaan Moody mengumumkan pada 18 Juli bahwa Turki mungkin menghadapi penurunan wisatawan  dalam waktu 90 hari.

ErdoganErdogan mengatakan semua  penilaian itui  bias politik. “Di sisi lain mereka memuji ekonomi yang telah runtuh,  sementara  mereka  mencioba membekukan  atau  menghalangi sebuah negara yang tegak berdiri di atas kakinya dan di mana investasi terus berlangsung,” katanya kepada Bloomberg.
“Ini bukan sikap terhormat. Saya mengundang mereka untuk berkata  jujur, “tambahnya.
Presiden Turki juga mendesak bank sentral negaranya untuk melanjutkan pemotongan suku bunga acuan untuk menarik lebih banyak investasi. Pada hari Kamis, regulator mengurangi tingkat suku bunga menjadi  8,25 persen. Inflasi di Turki adalah 8 persen tahun ini, sedikit turun dari 2015.
“Anda hanya dapat berbicara tentang pembangunan di sebuah negara di mana ada investasi. Tapi ketika suku bunga tinggi, itu tidak mungkin untuk berinvestasi, “kata Erdogan.Hal terkahir menunjukkan bahwa segala yng menentukan dan mengatur adalah bank sentral, bukan pemerintah.