Fakta Ajaib di Balik Sihir Uang Kertas

1856

Situs www.DW.com menyajikan sebuah artikel menarik dengan judul Fakta Ajaib tentang Mata Uang. Di situ ditampilkan beberapa fakta unik tentang uang kertas di dunia, yang tentu saja hanya menunjukkan bahwa uang kertas adalah produk sihir belaka. Situs ini berkomentar: “Sejumlah mata uang punya fakta absurd. Ada yang nominalnya fantastis, ukurannya sangat kecil atau tidak kasat mata. ”

Inilah beberapa fakta di balik sihir uang kertas:

Paling Banyak Nolnya

 

Uang kertas Zimbabwe dari 2009 ini nominalnya 100 trilyun Dollar, artinya ada 14 nol di belakang angka satu.

Nominal absurd ini menunjukkan inflasi yang luar biasa tingginya di negara Afrika itu. Nilai uang merosot drastis. Sebagai ilustrasi, harga sepotong roti di Zimbabwe pada saat itu sekitar 300 milyar Dollar.

 

 

Berharga Paling Tinggi

Beda dengan uang kertas dengan nominal 10.000 Dollar Singapura yang dikeluarkan tahun 1973.

Bertahun-tahun warga terbiasa berbelanja dengan uang nominal besar ini. Nilai mata uang itu sekarang setara deangan 6.000 Euro.

Singapura menariknya dari peredaran tahun 2004 untuk meredam kasus pencucian uang.

Uang Paling Kecil Nilainya

Uang Kertas Rumania dengan nominal 10 Bani menjadi alat pembayaran sah dengan ukuran paling kecil sedunia. Besarnya hanya 27,5 X 38 milimeter atau hanya seukuran perangko. Uang yang diedarkan tahun 1917 saat perang dunia pertama ini, dibuat sedemikian kecil karena bahan mentahnya sulit diperoleh akibat perang. (foto: simbol mata uang Rumania)

 

 

 

Dibatasi Hanya Sampai 100

Cina membatasi nominal mata uang terbesarnya hanya pada angka 100 Yuan. Keuntungannya, pencucian uang jadi sulit. Kerugiannya, untuk membeli produk berharga mahal, orang harus membawa uang berkoper-koper. Karena warga Cina terbiasa membeli barang secara kontan, orang yang membawa uang sekoper penuh juga sudah jadi pemandangan biasa.

Berteknologi Paling Tinggi

Mata uang Euro terbaru dengan nominal 50 dipromosikan menjadi yang berteknologi paling tinggi. Sulit dipalsukan, tidak mengandung lemak hewan, tahan suhu mesin cuci hingga 90 derajat dan tidak luntur oleh bahan kimia agresif. Mata uang Euro bernominal 50 ke bawah paling banyak dipakai konsumen. Sementara nominal besar 200 hingga 500 Euro lebih banyak disimpan di bank.

 

 

 

Paling Luas Berlakunya

Selain beberapa mata uang kertas yang dilansir www.DW.com di atas tentu saja bisa ditambahkan satu mata uang kertas yang paling ajaib: yaitu dolar AS. Uang kertas ini berlaku dan diterima di seluruh dunia. Padahal dari segi materi dan nilai sejatinya ya sama saja. Secarik kertas yang sdama, dengan tinta yang kurang lebih sama, dan biaya produksi yang sama.

Tapi sistem keuangan dunia, dibuat dan sukes memaksakan, seluruh negeri di dunia ini menerima dolar AS. Semua cadangan internasional diwujudkan dalam dolar AS. Perdagngan internasional juga dilakukan harus melalui dolar AS.