Freeport Selamatkan Amerika!

725

Amerika Serikat (AS) secara teknis telah bangkrut. Neraca keuangan 2015 menunjukkan hal ini. Presiden Barrack Obama pun memanggil para petinggi ASEAN untuk sebuah pertemuan darurat di California, pertengahan Februari lalu, yang juga dihadiri oleh Presiden RI Jokowi. Ini upaya AS untuk menggalang kekuatan menghadapi Cina yang terus menggerus kepentingan ekonomi AS.

Dan, di balik pertemuan para petinggi AS-ASEAN ini, terjadi sebuah pertemuan penting  yang terjadi di California itu antara Jeneral Joseph Dunford, kepala militer AS dan seorang jendral petinggi puncak Angkatan Bersenjata Republik Indonesia. Sebagaimana dikabarkan oleh sejumlah situs independen (www.geopolitic.co), menurut sumber-sumber Pentagon AS berdasarkan sumber CIA yang berbasis di Indonesia, tujuan dari pertemuan ini adalah untuk membahas soal emas, ya emas yang melimpah yang ada di bumi Indonesia.

Hasil dari pertemuan ini adalah AS diberi hak untuk membiayai dirinya sendiri dengan mengekspor emas ke China dari tambang raksasa Freeport McMoRan di Papua. Itu sebabnya Kontrak Karya dengan Freeport pun diperpanjang, meski Jokowi dulu menyatakan tidak akan melakukannya. Bijih emas yang masih berupa bubur dan dipompa langsung ke kapal yang membawanya ke Hong Kong untuk pemurnian. Jumlah tepatnya belum diketahui tapi rupanya cukup untuk menjaga keberlangsungan pemerintah AS.

US ASEAN

Selanjutnya, pada pertemuan ini militer AS diberi izin untuk mengembangkan pertambangan platinum dan deposito emas baru besar-besaran dan mendirikan basisnya di pulau-pulau Indonesia dekat Laut Cina Selatan. Sebelum pertemuan dengan kepala militer Indonesia Jenderal Dunford dikabarkan telah bertemu dengan kepala angkatan bersenjata Jepang dan Korea Selatan.

Semua ini adalah bagian dari tindakan militer AS untuk membangun aliansi militer global untuk memastikan mengontrol kekuatan Cina di kawasan ini dan seluruh dunia.  Dan, tentu, saja perlindungan dan pelestarian perusahan-perusahaan raksasa macam Freeport di atas.