IMF: “Arab Saudi Terancam Bangkrut 2020”

713

Menurut Dana Moneter Internasional (International Monetary Fund atau IMF) , ekonomi Arab Saudi berada dalam bahaya, terancam kehancuran karena harga minyak yang semakin tidak stabil. IMF mengatakan bahwa kerajaan itu  mengalami defisit anggaran sebanyak 21,6 persen pada Perimbangan Keuanga Pemerintah Keseluruhan pada tahun 2015 dan 19,4 per persen pada tahun 2016, peningkatan drastis dari hanya -3,4 persen pada 2014.

Arab Saudi saat ini memiliki US $654.5 milyar cadangan devisa, tetapi uang tunai ini bakal tergerus dengan cepat. Badan Moneter Arab (Arabian Monetary Agency) – bank sentralnya Arab Saudi – telah menarik $70 miliar dana yang dikelola oleh lembaga keuangan di luar negeri, dan telah kehilangan hampir 70 milyar dolar AS  sejak harga minyak merosot. Arab Saudi mengandalkan 90 persen pendapatannya dari minyak. ”

Jika kecenderungan ini terus berlanjut, IMF percaya Arab Saudi akan bangkrut pada tahun 2020. Pertanda kebangkrutan ini telah makin nampak, selain anggaran yang makin defisit, Pemerintah Saudi semakin mengurangi berbagai program kesejahteran rakyat. Di sisi lain akibat krisis ini pemerintah Saudi pun mulai mengenakan pajak bagi rakyatnya sendiri.

Arab Bangkrut