IMF: “China Terancam Krisis Besar Finansial “

418

Menggelembungnya utang korporasi di China bakal  memicu krisis besar finansial jika pemerintah gagal untuk mengatasi hal itu, Dana Moneter Internasional (IMF) memperingatkan, baru-baru ini.

Ini adalah bendera merah terbaru atas gelembung utang China, yang naik ke rekor 237 persen dari produk domestik bruto pada kuartal pertama 2016.  “Utang Perusahaan makin  serius – dan terus berkembang – sebagai masalah [di China] yang harus segera diatasi dan dengan komitmen untuk reformasi secara serius,” kata David Lipton, pejabat IMF.

Berbicara di Shenzhen, di mana pemimpin penting saat itu, Deng Xiaoping, memulai eksperimen China dengan kapitalisme lebih dari tiga dekade lalu, Mr Lipton juga menunjukkan potensi risikonya bagi perekonomian global. Risiko itu akan semakin nyata jika masalah itu tidak ditangani dengan cepat, dan bisa tumbuh menjadi krisis besar.

“Masalah utang perusahaan saat ini dapat menjadi masalah utang sistemik besok hari,” kata Lipton lagi. Dan “masalah utang sistemik dapat menyebabkan pertumbuhan ekonomi yang jauh lebih rendah, atau krisis perbankan. Atau keduanya.” Sebagaimana dikutip oleh Financial Times.

sentimen-china2

Riba! Demikianlah selalu, persoalan gelembung, akibat riba, akan meledakj dan merembet ke mana-mana. Bila utang korporasi China ini menjadi krisis besar, tak pelak, Indonesia pasti akan terkena dampaknya. Kita tahu, hari ini, investasi China di negeri ini sedang gencar-gencarnya.

Waspadalah.

Sebagai individu warga, Anda tidak akan lepas dari pengaruh  akibat krisis itu, bila terjadi. Maka mulailah ubah kebiasaan: miliki dan gunakan Dinar emas dan Dirham perak, yang terbukti tahan segala krisis,  sekarang juga.