Islam Pemerintahan Tanpa Negara

1708

Buku ini merupakan hasil kajian ilmiah penulisnya, Dr Riyad Asvat, yang diajukannya sebagai tesis di Universitas Melbourne, Australia, pada 2008.  Judul aslinya adalah Economic Justice and Shari’a in the Islamic State.  Sebagai sebuah kajian ilomiah buku ini disertai dengan banyak catatan kaki dan penjelasan, serta sumber-sumber kajian, yang semuanya disertakan dalam terjemahan ini. Judulnya diubah dengan sudut pandang  yang lebih tajam dan menyegarkan: Islam Pemerintahan Tanpa Negara, Perdagangan Tanpa Riba.

Sudut pandang itu memang berbeda yang hampir tidak pernah diajukan oleh kaum Muslim selama ini. Penulis mengkritisi konsep negara modern di satu sisi, termasuk yang menjadi aspirasi adanya  ‘Negara Islam’, dan di lain sisi membahas institusi-institusi sosial, ekonomi dan politik, yang asli, dan otentik, yang dikembangkan di Madinah al Munawwarah oleh Rasul shallallahualaihi wa sallam.  Ini meliputi khalifah, amirat, wazirat, mahkamah, baitulmal, hisbah, asnaf, shurta, waqaf, dan sebagainya, dalam penertian aslinya. Kita paham hari ini banyak istilah-istilah ini dipakai dengan makna  yang berbeda dari aslinya.

Selanjutnya, dua pengantar yang diberikan oleh Shaykh Dr  Abdalqadir as Sufi dan oleh penulisnya sendiri, lebih dari cukup memberikan penjelasan tentang isi buku ini.

Buku telah tersedia dan dapat dipesan melalui WA 081384310398. Harganya Rp 115.000.