Islandia Penjarakan Para Bankirnya

411

 

iceland-jail-bankers-700x350

Islandia, sebuah negeri kecil di Eropa, menunjukkan sikap berbeda dari seluruh Eropa dan Amerika Serikat dengan memugkinkan para bankir dituntut sebagai penjahat, daripada memperlakukan mereka sebagai makhluk yang dilindungi.

Pemerintah Islandia telah menetapkan sembilan bankir top bersalah dan menghukum mereka, ada yang sampai 46 tahun di penjara untuk kejahatan yang berkaitan dengan krisis ekonomi 2008.

Kamis lalu Mahkamah Agung Islandia kembali menjatuhkan vonis bersalah untuk  sembilan terdakwa dalam kasus manipulasi pasar Kaupthing, setelah sidang pengadilan yang panjang berjalan yang dimulai pada bulan April tahun lalu.
Kaupthing adalah bank besar internasional yang berkantor pusat di Reykjavik, Islandia. Diperluas secara internasional selama bertahun-tahun, namun runtuh pada tahun 2008 akibat utang besar, melumpuhkan perekonomian negara kecil ini.
Dengan menuntut bahwa para bankir diharuskan tunduk pada hukum yang sama seperti masyarakat lainnya, Islandia memilih strategi yang sangat berbeda di tengah krisis keuangan dibanding negara Eropa lainnya.

Langkah ini patur ditiru. Bukan membiarkan para bankir menikmati kejahatannya. Sementara rakyat banyak tetap menderita.