Jepang Sahkan Penggunaan Uang Kripto

629

Jepang menjadi  negara pertama yang mengesahkan pembayaran dengan alat bayar “uang” kripto yang tak berwuju nyata, kecuali di dunia  virtual.

Sebuah undang-undang baru telah mensahkan mata uang digital sebagai metode pembayaran yang sah telah berlaku di Jepang, teks hukum ini dirilis oleh Badan Jasa Keuangan Jepang pada 24 Maret 2017 ini. Awal pekan lalu, Dewan Standar Akuntansi Jepang mengatakan bahwa mereka akan mulai bekerja menyusun kerangka kerja untuk membantu memahami bagaimana mata uang digital akan ditangani di sektor akuntansi.

Proses ini diperkirakan akan memakan waktu enam bulan, menurut kantor berita Nikkei. Kelompok bisnis besar terutama sangat memperhatikan hal ini; karena sebelumnya pemerintah Jepang dinilai  telah gagal untuk memberikan pedoman mengenai proses akuntansi saat  berhadapan denga mata uang kripto (cryptocurrencies).

“Ada risiko bahwa perusahaan-perusahaan yang memegang mata uang virtual bisa mengalami kegagalan dalam perhitungan nilai atau tiba-tiba mengalami kerugian besar,” ujar  Chikako Suzuki, mitra  di PricewaterhouseCoopers Aarata, mengatakan kepada  Nikkei Asia.

Setara sekitar  1,7 miliar dolar AS berbagaikjenis cryptocurrency, termasuk bitcoin, Ripple, litecoin dan lain-lain, telah beredar di Jepang dua tahun terakhir. Pada 2020 proyeksi memperkirakan melonjak jadi $ AS 9 miliar.  Ketidakpastian atas status hukum mata uang virtual dianggap menyebabkan terjadinya krisis di masa lalu.

Sejauh ini, diketahui  ada persoalan dialamk sistem mereka yang memungkinkan hacker untuk mencuri koin. Undang-undang baru menguraikan bahwa semua pertukaran mata uang virtual akan diatur oleh Financial Services Agency Jepang. Mereka harus terdaftar dengan pengawas keuangan dan memverifikasi identitas nasabah yang membuka rekening pada pengelolanya.

Kenyataannya adalah: karena aturan hukum tidak mengubah sejatinya uang virtual sebagai medan elektrik belaka, risikoitu tidak berkurang. Kripto adalah kripto, tak ada nilainya, atau nilainya palsu, hingga bis aberubah kapan saja, bahkan hilang begitu saja.