Kembali Dibagikan di Depok, 125 Dirham Zakat Mal

352

Sebagai  upaya untuk menerapkan rukun zakat, dan sunnah muamalah, sebanyak sekitar 125 Dirham perak  zakat  akan dibagikan ke mustahik di sekitar Tanah Baru, Kamis dan Jumat ini. Pembagian zakat ini juga sebagai rangkaian dari akan diselenggarakannya Pasar Muamalah, Sabtu sore, di halaman Sekolah Muamalah, Tanah Baru, Depok, Sabtu 4 Juni 2016 nanti. Kegiatan ini cukup reguler dilakukan bersama oleh Baitul Mal Nusantara dan Sekolah Muamalah, di bawah otoritas Amirat Indonesia.

Zakat adalah pilar atau Rukun Islam, karena itu  harus ditegakkan sesuai kaidahnya, di mana zakat harta hanya sah dibayar dengan ayn, atau aset riil, dan dalam hal harta moneter dan barang niaga, dalam bentuk dinar emas atau dirham perak. Zakat juga harus ditarik oleh para amir atau sultan atau petugas yang ditunjuk, karena zakat bukan sedekah sukarela. Umat Islam harus kembali memahami hal ini dan menerapkannya dengan cara berjamaah, dibawah seorang amir atau sultan, yang kemudian berkewajiban menyediakan Dinar dan Dirham, hingga umat Islam dapat memenuhi rukun di atas.

DSC04308

Dalam beberapa tahun ini cara demikian telah mulai bisa dilaksanakan, dengan adanya koin-koin Dinar dan Dirham dari Amirat Indonesia dan beberapa sultan di Nusantara yang telah mencetak dan mengedarkannya. Berkaitan dengan itu pasar-pasar muamalah juga telah diselenggarakan, di antaranya ada yang telah cukup permanen di Kesultanan Bintan Darul masyhur, di Tanjungpinang, dan yang baru-baru ini dimulai di Mangku Negeri Tanjungpura Darussalam, Ketapang. Di pasar-pasart muamalah ini Dinar dan Dirham berlaku sebagai alat tukar.

Siapa pun dipersilakan  hadir di pasar-pasar muamalah untu kbertransaksi dengan cara Nabi SAW bertransaksi.