Kepercayaan Pada Euro Luntur, Jerman Tarik Pulang Emas

439

Kekhawatrian atas bakal rontoknya mata uang eruo membuat bank  sentral Jerman lebih cepat menarik pulang timbunan emasnya dari New York dan Paris.  Munculnya rencana Frexit (France Exit) dan makin tidak jelasnya masa depan perbankan di Italia.y, dengan kemungkinan keduanya meninggalkan zona euro, meningkatkan kekhawatiran tersebut. Jerman telah menarik cadangan emasnya sebanyak 583 ton, separuhnya yang akan diselesaikan pada akhir 2017, dipercepat dari rencana semula pada 2020.

Menurut para bankir Jerman, penarikan emas ini diperlukan, sebagai jaga-jaga menopang (kembalinya) deutscmark – mata uang Jerman sendiri –  bila ternyata zona euro benar-benar runtuh. D.iIawali oleh Brexit sentimen untuk keluar dari euro kini meluas ke berbagai negara lain di Eropa. Kekhawatiran makin tinggi, ketika Le Pen, calon Presiden Perancis baru-baru ini menyatakan akan menjalankan kebijakan Frexit, kalau terpilih.

emas-jerman

Selama Perang Dingin Jerman menyimpan cadangan emasnya di New York dan Paris, dan sejak 2000, terus melakukan pernarikan. Terbesar sebanyak 931 ton ditarik dari Bank of England, pada 2000. Pada saat penarikan selesai nanti, cadangan emas bank sentral Jerman di luar negeri masih akan ada  1,236 ton di New York, 432 ton di London . Saat ini jumlah yang akan ditarik  adalah  300 ton dari  New York andan  374 ton dari Paris.

Jerman adalah penimbun emas terbesar ke dunia kedua, dengan total timbunan 3,381 ton.

Menimbun emas, tentu saja, adalah perbuatan yang diharamkan oleh Allah SWT.  E6ams dan perak harus diedarkan. Karena itu harus dicetak dalam bentuk koin dan ditransaksikan dalam kegiatan ekonomi dan sosial. Untuk itulah Dinar dan Dirham kembali dicetak. Miliki, gunakan, hingga harta kembali beredar, tidak hanya di tangan segelintir orang.