Lagi, Sultan Huzrin Hood Bagikan Zakat Dirham

960

Salah satu tugas utama seorang amir muslimin, seorang sultan, adalah menarik dan membagikan zakat. Ini yang sudah lama hilang dari umat Islam dan kini telah kembali dijalankan oleh Sultan Haji Huzrin Hood dari Kesultanan Bintan Darul mayshur (KBDM). Pekan ini kembali Sultan Huzrin membagikan zakat mal, kali ini sebanyak 30 Dirham perak. Ia membagikannya kepada para mustahik di Pulau Penyengat.

Pembagian zakat mal ini dilakukan bersamaan dengan Festival Pulau Penyengat 2016, yang mulai berlanmgsung hari ini dan akan berakhir 24 Februari 2016. Tim Thibun Nabawi KBDM juga akan membuka gerai untuk memberikan konsultasi gratis bagi masyarakat. Sejumlah pedagang juga akan berjualan dengan menerima pembayaran dengan Dirham perak. Dengan dibukanya gerai-gerai dagangan berbayar Dirham perak ini para mustahik akan dengan mudah membelanjakan uangnya.

“Ada pedagang yang akan membuka lapak pakaian, makanan, dan produk pertanian,” uajr Mas Ulul Ilmi, salah satu warga Kesultanan Bintan Darul Masyhur.

Di Pulau Penyengat sendiri telah ada satu dua kedai yang menerima pembayaran dngan Dirham perak.

empat Dirham

Dari pihak kesultanan juga akan mengenalkan mata uang Dinar dan Dirham kepada masyarakat secara lebih luas. Amir Rizal Moeis dari Balai Singgasana KBDM mengabarkan pihak KBDM akan memperlihatkan berbagai jenis koin Dinar dan Dirham beberapa kesultanan di Nusantarta yang kini telah beredar. Yakni dari Kesultanan Kasepuhan, Kesultanan Ternate, dan Kesultanan Sulu, selain tentu saja dari Kesultanan Bintan sendiri.