Malam ini Dibahas di Batam, “Krisis Ekonomi Kontemporer”

521

Bertempat di aula Pusat Informasi Haji (PIH), Kota Batam, Kepri, malam ini, Selasa 26 Juli 2016,  akan dibahas “Krisis Ekonomi Kontemporer”. Sebagai pembahas utama adalah Ir Zaim Saidi, MPA, dari Jakarta, bersama Amir Umarazmon Amir Hasan, seorang penggerak muamalah dari Kuala Lumpur. Bertindak sebagai moderator Bpk Donny Irawan, seorang akademisi dan pemerhati muamalat di Kota Batam.

Topik “Krisis Ekonomi Kontemporer” dibahas karena kondisi saat ini yang memperlihatkan bahwa perekonomian dunia secara umum masih terus dirundung persoalan. Tidak  lain hal ini karena hal yang sangat mendasar yaitu bahwa pondasi ekonomi saat ini adalah sistem Riba. Hasil sistem riba adalah ekonomi gelembung (bubble economy) yang meletus setiap saat. Sedangkan Islam memiliki model tersendiri yaitu muamalat yang sangat berbeda dengan ekonomi. Tapi, jadi masalah hari ini, adalah muamalah tidak lagi dijalankan sesuai dengan pengertian dan kaidah aslinya.

Muamalah hanya menjadi fasad palsu dari “islamisasi ekonomi” yang menghasilkan asimilasi Islam ke dalam kapitalisme ribawi. Maka, perlu dibahas kembali, muamalah yang bagaimanakah yang seharusnya diterapkan? Di manakah sumber kekeliruan islamisasi ekonomi? Ini antara lain yang akan dibahas nanti malam.

Diskusi ini terbuka untuk umum. Sampai pagi ini telah terdafat sekitar 80 peserta.  Acara akan dimulai pukul 19.30-22.00.

buble economy