Maret 2017, Iran Mulai Campakkan Dolar AS

525

Menanggapi  larangan Presiden AS Donald Trumk bagi imigrasi Iran ke AS,  Teheran menanggapi dengan mengancam untuk berhenti menggunakan dolar Amerika.  Valiollah Seif, Gubernur Bank Sentral Iran, mengatakan akan menggunakan mata uang lain, atau kumpulan mata uang lain, menggantikan dolar AS dalam perdagangan internasional .

Media Iran mengutip Seif mengatakan bahwa inisiatif ini akan  dimulai pada Maret 2017, pada awal tahun fiskal Iran.

iran-dumping-dollar-2

Trump menandatangani sebuah perintah eksekutif imigrasi Jumat lalu, dengan dalih untuk  melindungi Amerika dari serangan teror. Di bawah perintah ini, imigran dari Iran, Irak, Suriah, Somalia, Libya, Sudan dan Yaman tidak akan diizinkan untuk masuk ke Amerika Serikat selama 90 hari. Selain itu, program pengungsi US ditangguhkan selama 120 hari, dan penerimaan pengungsi dari Suriah ditangguhkan tanpa batas waktu.

Seif mencatat bahwa pangsa dolar AS dalam valuta asing Iran tidak signifikan, dan bahwa penggantinya harus sesuai untuk perdagangan dengan mitra penting seperti Uni Emirat Arab, Rusia, China dan Uni Eropa.   Perjanjian untuk berhenti menggunakan dolar AS telah ditandatangani dengan Iran, Turki, Irak, Azerbaijan dan Rusia, meskipun Seif menunjukkan bahwa perjanjian ini  belum efektif.

Apakah  langkah Iran ini bila sudah mulai berjalan, sekitar dua bulan dari sekarang,  akan mengubah konstelasi dunia? Yang pasti uang kertas apa pun yang digunakan, tidak akan mengubah watak dasarnya, terus mengalami depresiasi ni8loai dan merugikan warga.