Marhaban, Laman Wakala Induk Kesultanan Bintan

472

Wakala Induk Kesultanan Bintan Darul Masyhur (Wakala Induk KBDM) sebelumnya  telah diresmikan dan dinyatakan beroperasi oleh Sultan Haji Huzrin Hood pada 15 November 2015 lalu. Wakala Induk KBDM  merupakan lembaga yang berada di bawah otorisasi Sultan Haji Huzrin Hood, Sultan KBDM saat ini, yang bertugas untuk mengedarkan koin Dinar, Dirham, dan Fulus di tengah masyarakat luas. Belum lama berselang Sultan Huzrin juga meluncurkan koin Dirham Bintan dengan tahun cetak 1437 H.

Hari ini, selangkah lebih maju, Wakala Induk KBDM mulai menayangkan website-nya, dengan alamat www.wakalaindukbintan.com.  Situs Wakala Induk KBDM ini berisikan sejumlah pengetahuan dan informasi dasar tentang Dinar, Dirham dan Fulus, serta penggunaannya dalam muamalah maupun ibadah (zakat). Selain itu juga ada tiga rubrik utama, yaitu Kolom yang berisikan analisis dan kajian berbagai masalah mutakhir, lalu Berita yang mengabarkan perkembangan dan kegiatan yang terkait dengan muamalah, serta Video yang merekam berbagai peristiwa seputar muamalah.  Setiap hari nilai tukar Dinar dan Dirham dalam kesetaraan rupiah akan ditampilkan di laman inm.

Selain itu juga ada info tentang pengoperasian dan tata cara mengelola wakala. Wakala Induk tidak melayani masyarakat pengguna Dinar dan Dirham secara langsung, tapi hanya berhubungan dengan Wakala Umum. Masyarakat mendapatkan Dinar dan Dirham dari Wakala Umum ini.

Wakala Induk KBDM berkedudukan di Kota tanjung Pinang, dengan alamat:

Balai Singgasana Sri  Paduka Tri Buana
Jl.  Raja Haji Fisabililah No. 55
Tanjung Pinang, Bintan
Kepulauan Riau

Situs  KBDM1

Dengan mulai ditayangkannya situs Wakala Induk KBDM diharapkan masyarakaty semakin mudah mendapatkan info dan pengetahuan tentang muamalah dan penerapan Dinar dan Dirham secara lebih  up to date.