Meriah, Pasar Muamalah Tanah Baru, Depok

782

Pasar Muamalah Tanah Baru

Pagi hari barusan beringsut. Hujan yang semalaman turun membasahi bumi Tanah Baru, telah berhenti beberapa saat. Matahari tak begitu benderang, tapi para pedagang tetap bersemangat menggelar dagangan masing-masing di lokasi Pasar Muamalah, di Tanah Baru, Depok,   Sabtu, 23 Januari 2016 lalu.

Sekitar pukul 10 pagi kegiatan pasar dimulai. Barang dagangan yang ditawarkan cukup beragam, ada makanan dan minuman, perabotan dapur, obat-obatan dan kosmetik, sembako, sampai pulsa telepon. Secara bergelombang pengunjung pasar berdatangan. Sebagian besar di antara mereka adalah warga sekitar yang sehari sebelumnya menerima pembagian zakat Dirham perak. Jumlah zakat yang dibagikan pekan itu ada sekitar 125 Dirham.

“Ini pasar yang sangat berkah, berbeda dari biasanya,“ ujar Mas Ridwan dengan sumringah yang pagi itu berjualan pulsa telepon, dan baru pertama kalinya ikut Pasar Muamalah.

Di Tanah Baru, Depok, termasuk yang paling sering diadakan Pasar Muamalah ini.

Pasar Muamalah adalah bagian dari upaya mengembalikan sunnah di pasar. Rasul SAW mengajarkan di pasar pedagang harus bebas berjualan, tanpa sewa, tanpa retribusi. Dan, yang secara ketat dijaga, tidak boleh ada riba.