Milad 10 Tahun Masjid  Jami’ Cape Town

319

Tanggal 27 April 2016 umat Islam di Cape Town akan merayakan Milad ke 10 berdirnya The Juma Mosque of Cape Town. Masjid yang terlatak di salah satu sudut pusat kota Cape Town Afrika Selatan ini dalam usianya yang masih relative muda kini menjadi salah satu pusat penyebarluasan Islam di Afrika Selatan.

Masjid jumu’ah dari Cape Town mengikuti model ‘Amal Ahl al-Madinah, atau Perilaku Penduduk Madinah, seperti yang ditransmisikan oleh Imam Malik ibn Anas. Jalan ini telah dipilih karena merupakan formulasi awal bagaimana salat Jumatd dan sunnah-sunnah lain diamalkan, karena penduduk Madinah dari tiga generasi pertama memberikan  catatan paling dekat dengan sumber ibadah Islam, baik dari  orang-orangnya maupun lokasinya.

Saat ini banyak praktek-praktek sunnah ini tidak akrab bagi banyak umat Islam. Namun catatan Imam Malik merupakan yang paling dekat menggambarkan praktek Rasulullah dan para sahabatnya, karena Malik tinggal, memimpin sebagai Imam, dan tidak pernah meninggalkan,  Madinah, dan merupakan pewaris yang tak terbantahkan dari pengetahuan kolektif pendudu Madinah Yang Diterangi.

Di Masjid Jami’ Cape Town, setiap Jumat, setelah salat selesai diselenggarakn Pasar Terbuka. Di situ matauang sunnah Dinar dan Dirham juga diperkenalkan. Salah satu sunnah lain yang dilakukan setelahsalat Jumat adalah  pemberian makan siang secara cuma-cuma bagi jamaah dan siapa saja yang hadir di situ.

Masjid Jumat Cape Town diprakarsai dan didirikan oleh Shaykh Dr Abdalqadir as Sufi, dengan dukungan kedermawanan dari Keluarga Bukhari, pengusha besar dari Malaysia, pada 2006. Bulan ini menginjak usia ke-10.

Milad 10 Tahun Jumah Mosque