Muslim AS Siapkan Dirham “Malcom X”

491

Dalam menyongsong tegaknya kembali muamalah yang kini berlangsung di berbagai belahan dunia Islam, kaum Muslim di Amerika Serikat tidak mau ketinggalan. Untuk menjalankan ini sebagian dari mereka, khususnya yang di Meryland, AS, mendirikan American Islamic Mint [AIM]. Lembaga inilah yang kini telah mulai mencetak koin-koin Dirham. AIM sendiri dipimpin oleh Amir Ismail Bryant.

Dalam beberapa tahun terakhir ini mereka telah mencetak koin Dirham, dalam beberapa seri. Antara lain Seri Rukun Islam. Jadi, ada Koin Shahadah [yang sudah beredar sejak akhir tahun 2013 lalu], Koin Salat, Koin Zakat, dan seterusnya. Saat ini telah dicetak tiga corak, yakni koin Dirham Shahadah dan Dirham Salaah, dan koin Dirham Zakat.

DnD-USA

Hanya saja, mengingat situasi dan kondisi setempat, Amir Ismail memutuskan hanya mencetak koin Dirham dengan besaran 10.45 Dirham. Satuan berat yang agak “ganjil” ini dimaksudkan agar koin tersebut sama beratnya dengan ukuran modern hari ini, yaitu 1 troy ounce peak murni [0.9999]. Ini sekadar untuk memudahkan mereka, dalam situasi di AS, menggunakan koin perak tersebut.

Saat ini, dalam rangka memperingati kelahiran tokoh Muslim AS, Malcom X, kaum Muslim AS tengah menyiapkan koin Dirham seri baru, yakni dengan corak tokoh Malcom X. Satuan yang digunakan sama, yakni 10.45 Dirham, atau 31 gr.

“Angka 10.45 Dirham ini nanti akan dicetak di atas permukaan koin itu sendiri,“ ujar Abu Shaquille, salah satu pemrakarsa koin tersebut. Dalam rancangan awal koin Dirham Malcom X, masih tertulis pembulatan, 10 Dirham saja.

Pencantuman berat koin secara tepat ini penting untuk menghindari kebingungan masyarakat atas standar berat Dirham yang mengikuti sunnah Nabi SAW (2.975 gr/Dirham), dengan standar berat perak modern, yaitu troy ounce.