Pengertian Dinar Dirham dalam Kamus

6593

Prof. Dr. Syekh Ali Gomah, yang pernah menjabat sebagai Mufti Besar Al Azhar Mesir, pada periode 2003-2013, telah menyusun sebuah kitab kamus yang khusus terkait dengan takaran dan timbangan dalam Islam.  Kamus ini berjudul Al Makayil wa Al Mawazin Asy-Syariyyah dan telah diterjemahkan dan diterbitkan dalam bahasa Indonesia, berjudul Kamus Istilah Takaran dan Timbangan dalam Syariat Islam.

Buku ini diterbitkan oleh Pustaka Azhar Syarif (PAS) yang berpusat di kota Malang, Jawa Timur. Ukuran bukunya  relatif kecil, tapi isinya sarat padat,   memudahkan untuk membawa dan menyimpannya. Dan  meskipun penulis buku ini bermazhab Syafii, namun Shaykh Ali Gomah menyajikan kupasan setiap pembahasan di dalam buku ini dari sudut pandang empat mazhab sunni (Hanafi, Maliki, Syafii, dan Hambali).

Dalam kamus ini Shayka Ali membahas masalah timbangan, dan yang pertama kali disebutkan, tentu saja, adalah tentang Dirham dan Dinar. Berikut adalah kutipan mengenai dua koin syar’i ini.

BAB I: TIMBANGAN

  1. DIRHAM

Pengertian Dirham secara bahasa adalah sesuatu yg terbuat dari perak dalam bentuk khusus. Ia (Dirham) merupakan satuan alat tukar (Uang) yang terbuat dari perak dengan timbangan tertentu.

Kata ‘Dirham” berasal dari kata ajam (non-Arab) dan disadur ke dalam bahasa Arab dari Yunani, yaitu “Drakhma”. Dirham telah disebutkan dalam Al Qur’an Al Karim dalam Firman Allah Subhanahu wa ta’ala, surat Yusuf ayat 20:

“Dan mereka menjual Yusuf dengan harga yang murah, yaitu beberapa dirham saja, dan mereka tidak tertarik harinya kepada Yusuf”

Ukuran Dirham (Jumhur ‘Ulama): +/- 2.975gr

  1. DINAR

Dinar merupakan nama dari sebuah potongan emas uang diukur berdasarkan “Mitsqal”. Dinar adalah emas seukuran satu mitsqal. Para ‘ulama sepakat bahwa nilai dinar adalah 4.25gr

Keterangan Buku :

Judul Buku : Kamus Istilah-Istilah Takaran dan Timbangan dalam Syariat Islam (Al-Makayil wa Al-Mawazin Asy-Syar’iyyah ) | Penulis : Syekh Ali Gomah | Penerjemah : M. Hidayatulloh, Lc. | Penerbit : Pustaka Azhar Syarif | ISBN : 978-979-762-158-2 | Cetakan : Pertama, Rabi’ul Akhir 1434 H / Februari 2013 M | Ukuran : 10,5 x 14 cm | Jumlah Halaman : 132 halaman | Harga : Rp. 16.000,-
Kamus Takaran