Perbankan Italia Di Ambang Runtuh!

647

Bank tertua  di dunia, Bank Monte dei Paschi di Siena, bersama dengan Bank  Popolare di Vicenza, Veneto Banca, Carige, Banca Etruria, CariChieti, Banca delle Marche, dan Bank CariFerrara, di ambang keruntuhan. Nasibnya akan ditentukan dalam pekan-pekan ini, menjelang referendum di Italia kemarin.

Gejolak pasar sangat mungkin terjadi   setelah posisi PM  Renzi  ditentukan. Kalau  Renzi  mundur krena kalah suara, Italia akan memasuki masa ketidakpastian karena harus membentuk pemerintah transisi dan mencari perdana menteri  baru.   Ketidakpastian, akan memmbawa turbulensi dalam pasar ekuitas, obligasi, dan aset lainnya.Ini akan membuat para investor kabur.

Pejabat senior  dan para bankir mengatakan bahwa skenario terburuk adalah kegagalan  rekapitalisasi Monte Paschi  senilai € 5 milyar dan restrukturisasi  bank yang sakit .

Monte dei Paschi di Siena  Bank adalah yang terburuk  di antara yang lain, dan tahun ini  menderita  kredit macet setara dengan hampir 50 kali kapitalisasi pasarnya.  Bank sebelumnya  diberitakan berhasil menyepakati paket penyelamatan  dari beberapa pihak seperti JP Morgan, Deutsche Bank, dan HSBC pada akhir Juli lalu.

Tapi, sektor perbankan Itala saat  ini memang sangatlah buruk. Tingkat kredit macetnya mencapai angka 17-21%, ini  sekitar tiga kali dari batas aman, yakni pada NPL 6%. Wajar para bankir berupaya memaksa pemerintah Italia mengambilalih persoalan ini. Sementara, warga Italia, tentu ingin mendapatkan jaminan keamanan dananya.

italian-bank-collapse

Persoalan krisis finansial di Italia ini diyakini akan merembet ke Uni Eropa lain, bila tidak terselesaikan dengan baik.  Maka, Bank Sentral Eropa, ikut berupaya agar perbankan Italia dapat keluar dari krisis. Tumpukan  kredit macet di Italia telah mencapai 360 miliar euro  akibat dari resesi yang melanda Italia selama tiga tahun belakangan.

Dan angka 360 miliar euro itu setara dengan  sepertiga dari total kredit macet di Eropa dan setara dengan seperlima dari nilai produksi Italia. Tahun 2016 ini  dipandang sebagai kesempatan terakhir perbankan Italia untuk  selamat atau terus sekarat.

Riba pada akhirnya memang pasti akan musna!