Perusahaan Tambang Ini Bayar Royalti dalam Emas. Mengapa Freeport Tidak?

264

Untuk pertama kalinya,  pemegang saham perusahaan Resolute Mining (ASX: RSG), satu perusahaan tambang di Australia,   akan menerima pembayaran dividen dalam bentuk emas batangan. Perusahaan ini mengumumkan akan melakukan pembayaran dividen untuk tahun buku 2016 pada nilai  0,017 dolar AUS  per saham.

Pembayaran dividen  total  mencapai AUS $ 11.1 miliar yang mewakili 2% dari pendapatan penjualan tahun 2016. Tahun ini telah memberikan  RSG  keuntungan sebesar $ 213 miliar dan berhasil mengurangi utang sebesar AUS $ 91 miliar.  Para pemegang saham RSG akan diberikan pilihan untuk menerima dividen tunai atau emas dari Perth Mint.  Perjanjian ini memungkinkan pemegang saham berhak untuk mengkonversi saldo emas mereka ke bentuk batangan  dan koin yang tersedia di Perth Mint.

Langkah perusahaan tambang emas Australia ini harusnya memberikan inspirasi bagi  pemerintah Indonesi a agar meminta royalti dari Freeport dan perusahaan emas atau tambang lainnya di negeri ini pun dmembayarkan  dalam bentuk  emas, perak, aluminium, dll,  bukan kertas atau uang digital, yang tak bernilai.

John Welborn, Managing Director dan Richard Hayes CEO dari Resolute Mining
John Welborn, Managing Director dan Richard Hayes CEO dari Resolute Mining