Photocopy Center ini Menerima Pembayaran dengan Dirham

348

Bertambah satu lagi usaha yang menerima pembayaran dengan Dirham perak di Tanjung Pinang, yaitu  “Dirham Photo Copy Center”.  Baru saja dibuka pekan ini, usaha ini menerima jasa fotokopi, penjilidan, laminating, dan menyediakan beberapa keperluan stasionari dan perkantoran lainnya. Juga menerima jasa penerjemahan Inggris- Indonesia. Letaknya di Jl. Sultan Raja Haji Fisabilillah, di depan STIE Pembangunan, Tanjung Pinang.

Kehadiran usaha perfotokopian ini menambah kemudahan  masyarakat di Kesultanan Bintan Darul Masyhur untuk membelanjakan Dirham peraknya. Sebelumnya, sudah ada Kilik Lrasa, Rumah Makan Ikan Bakar Bang Apoy, Klinik Ibumas, Bakery Sultan, Klinik Thibun Nabawi KBDM,  dan lain sebagainya. Semua kegiatan ini di bawah naungan Sultan Huzrin Hood dari KBDM.

“Dirham Foto Copy Center adalah model proto syarikat, di mana modalnya berasal dari semua yang ikut bersyarikat, dan setiap anggota harus aktif. Hasilnya dibagikan sesuai dengan kontribusi masing-masing,” uajar Amir Rizal Moeis yang turut menginisiasi usaha syirkah tersebut.

Dirham Fotokopi Senter

Syirkat, selain dengan tenaga dan modal, juga bisa dilakukan dengan komoditi. Nilai partisipasi modal, berupa uang atau barang lainnya ini, secara proporsional, akan menjadi nilai saham masing-masing dalam syirkat yang dibentuknya. Dengan keharusan semua mitra untuk terlibat dalam usaha model syirkat tidak memungkinkan adanya ’investor tidur’ seperti dalam sistem modern.

Ada dua hal pokok lain di dalam syirkat yang secara prinsipil membedakannya dari sistem kontrak bisnis  kapitalistik.

  • Pertama, syirkat tidak mengenal hak mayoritas. Semua mitra dalam suatu syirkat  memiliki hak kontraktual  yang sepenuhnya sama terlepas dari nilai saham atau jumlah modal yang disetorkannya.
  • Kedua, dalam syirkat tidak dikenal istilah laba, apalagi deviden, yang dibagikan pada setiap akhir tahun. Yang ada di dalam syirkat adalah pemilikan aset secara bersama, proporsional menurut saham yang disetorkan, dan setiap mitra berhak untuk meminta dilakukannya likuidasi atas aset bersama tersebut di setiap saat.

el Rasa