PP Hidayaturrahman, Ketapang, Segera Terapkan Dinar Dirham

650

Pondok Pesantren Hidayaturrahman merupakan salah satu pesantren terbesar di Kota Ketapang, Kalimanan Barat, yang menampung sekiar 500 santri dan santriwati. Mereka berasal dari berbagai kota di Kalimantan Barat. Ponpes ini didirikan dan dipimpin oleh  Kyai Jema’ie Makmur, yang juga bertindak selaku Ketua Tanfidziah Nahdhatul Ulama (NU) PC Ketapang.

Ada hal baru yang segera hadir di Ponpes Hidayaturrahman, yakni akan segera mulai diterapkannya penggunaan DInar emas dan Dirham perak di lingkungan Ponpes. Ini terungkap dari hasil perbaincangan antara pihak Ponpes dengan rombongan dari Mangku Negeri Tanjung Pura Darussalam, yang dipimpin oleh Wazir Yasir Anshari. Ia datang bersama Amir Zaim Saidi, dan beberapa fuqara di Ketapang.

DIsepakati bahwa Baitul Mal Mangku Negeri Tanjung Pura akan memberikan beasiswa bagi santri dhuafa berupaDirham perak, yang akan digunakan untuk membayar  keperluan santri di Ponpes. Pihak Ponpes selanjutnya dapat menggunakan Dirham atau Dinar untuk membayar pengeluaran Ponpes, misalnya gaji pengasuh atau ustadz. Perputaran DInar Dirham dapat dilanjutkan melalui toko atau kantin di Ponpes.

bersama ustad jamei

 

 

Sebagai awal, pihak Baitul Mal Mangku Negeri akan memberikan beasiswa kepada 3-5 orang santri, masing-masing 2 Dirham/bulan.

Semoga penerapan muamalah dengan Dinar dan Dirham di Mangku Negeri Tanjung Pura, di Ketapang, dapat terus meluas. Bermula antara lain di Ponpes Hidayaturrahman ini. DI Ketapang juga berlangsung Pasar Muamalah pekanan di Halaman Masjid Al Falah, setiap Jumat dan di halaman Balai Kyai Mangku Negeri, di Delta Pawan setiap Ahad.