PrivatBank, Bank Terbesar Ukraina Bangkrut!

563

Bank terbesar di Ukraina PrivatBank menghadapi kekurangan modal  bernilai miliaran dolar dan bangkrut. Nasib tabungan dari 20 juta nasabah pun kini tak jelas.

Pejabat Bank sentral Ukraina mengatakan PrivatBank telah gagal dalam program rekapitalisasi dengan 97 persen atas kredit korporasi yang terbukti melibatkan orang dalam. Pada awal Desember ini PrivatBank telah mengalami kekurangan modal sebesar 5,65 miliar dolar AS.

Langkah “kebiasaan” yang mungkin ditempuh, yang dianggap satu-satunya cara yang mungkin untuk menyelamatkan uang nasabah, adalah diambialih oleh pemerintah atau dinasionalisasi. Ini artinya memindahkan masala beberapa gelintir orang  kepada rakyat kebanyakan.

privat-bank

PrivatBank milik taipan Ukraina Igor Kolomoisky yang menurut Forbes memiliki kekayaan sebanyak 1,3 miliar dolar AS. PrivatBank didirikan pada tahun 1992 dan menampung sepertiga dari semua deposito di negara ini.

“Sudah saatnya PrivatBank diambilalih dari bajingan ini,” kata Andrey Kostin, seorang pejabat perbankan pemerintah Ukraina.

Keruntuhan perbankan adalah keniscayaan. Dan banksters di manapun sama saja. Mereka akan selalu berusaha memindahkan masalah kepada publik. Karena itu, mulailah jauhi perbankan. Hijrah ke muamalah. Mulai miliki dan gunakan mata uang dinar emas dan dirham perak.