Puerto Rico Nyatakan Diri Bangkrut

940

Puerto Rico mengumumkan dan menyatakan diri bangkrut, pada hari Rabu, kemarin. Ini  merupakan kebangkrutan terbesar yang pernah ada di pasar obligasi pemerintah A.S. senilai $ 3,8 triliun.

Utang Puerto Rico, sebuah teritori kecil yang berpenduduk hanya 3.4 juta orang, sendiri mencapai AS $ 70 miliar. Atau AS $ 12.000/kapita, sekitar 12 kali lipat  utang per kapita Indonesia. Tahun 2013 Detroit menyatakan bangkrut, tapi kasus Puerto Rico jauh lebih besar.
Langkah tersebut dilakukan sehari setelah beberapa kreditur utama menuntut Puerto Riko untuk membatalkana obligasinya
Saat ini di Puerto Rico, 45 persen di antara penduduknya hidup dalam kemiskinan. Kebangkrutan pasti akan lebih jauh menyebabkan pengurangan pensiun di masa depan dan tunjangan pekerja, dan mungkin juga pengurangan layanan kesehatan dan pendidikan dalam waktu dekat.
Perekonomian pulau ini telah mengalami resesi selama hampir 10 tahun, dengan tingkat pengangguran sekitar 11,0 persen. Tapi makin banyak terlibat utang. Makin menderita karena riba.
Ini juga bukti bahwa sistem riba mencengkeram seluruh umat manusia. Sistem negara fiskal adalah riba itu sendiri. Hanya menguntungkan para bankir. Penduduk dijadikan tumbal belaka.