Rupiah, Mata Uang Terlemah Keempat Di Dunia

594

Para bankir baru saja mengganti gambar alat tukar kertas rupiah.  Tapi,  tentu saja, secara substansial tidak ada yang berubah. Nilai rupiah masih tetap rendah. Bahkan, sampai pada Desember 2016 ini, rupiah merupakan alat tukar bernilai  terendah keempat di dunia ini.

Alat tukar manakah yang terendah nilainya di dunia ini? Maksudnya dalam perbandingan dengan alat tukar lain yang dianggap sebagai standar internasional, yaitu dolar AS.

Riyal Iran adalah yang terlemah. Untuk menukarkankan 1 dolar AS alat tukar Iran ini memerlukan sekitar 32.000 unit. Kita tahu Iran lama mengalami isolasi perdagangan internasional, karena dianggap memusuhi Amerika Serikat. Salah satu akibatnya royal nya terus terpuruk.

Dobra. Ini kemungkinan besar alat tukar kertas yang pelum pernah Anda dengar. Ya, dobra adalah alat tukar dari sebuah negara kecil yang namanya Republik Sao Tome and Pricipe.  Ini sebuah negera mungil di Afrika Tengah dengan penduduk tak sampai 200 ribu orang. 1 dolar AS setara dengan sekitar 23.000 dobra.

uang-sao-tome

Pada posisi ketiga adalah Dong, nama alat tukar Vietnam. Sejak perang saudara berhenti, dan bersatu menjadi negara baru Vietnam, kini menjadi sasaran investasi asing. Tapi dong masuk dalam tiga besar alat tukar  terendah nilainya. 1 dolar AS setara dengan sekitar 22.500 dong vietnem.

Posisi keempat? Nah, di sinilah letak rupiah Bank Indonesia. Dengan kurs sekitar 1 dolar AS setara Rp 13.500, rupiah berada di posisi keempat alat tukar terendah di dunia.

Tentu saja, semua itu pengelabuan belaka. Sebab alat tukar fiat di zaman ini sama saja bentuknya: ghaib. Sekitar 97% berupa impuls medan elektrik semata, dan hanya 3% saja yang berupa cetakan kertas. Maknanya adalah satu alat tukar dan lainnya hanya berbeda nama belaka, semua sama saja hanya berupa medan elektrik. Mengapa nilainya berbeda-beda?

Itulah sistem uang fiat yang tidak lain adalah sistem riba modern. Maka, marilah kembali kenali mata uang riil, dinar emas dan dirham perak. Mulai miliki dan gunakan.