Sebanyak 50 Dirham Zakat di Bagikan di Banten

531

Alhamdulillah siang hingga sore hari ahad (7/8/2016) kemarin tim dari Baitulmal Nusantara  pimpinan Amir Zaim Saidi, mendistribusikan zakat dirham (uang perak) di Pondok Pesantren Ulul Albab, Ciomas Serang; dan tiga pesantren lainnya di Banten. Pesantren Ulul Albab  dipimpin oleh Ust. Muhammad Khairul Ihsan. Beliau dulu merupakan salah seorang pengajar di pesantren Daar el Qolam, Tangerang. Beliau juga dulu selain mengajar juga menjadi sekretaris pribadi Kyai Ahmad Rifai Arief.

Para pimpinan pesantren alumni Daar el Qolam lainnya pun hadir dalam acara ini. Mereka adalah Ust Musthofa Juang Nasution, pimpinan pesantren Al Khalifah dan Ust. Uung (Abu Muhiebby Ibnu As-Shobary).

Sebelum membagikan dirham, Ust Ihsan pun menyuruh para santri untuk menghapalkan kembali salah satu nasehat Sayyidina Ali yang terdapat dalam kitab ta’limul muta’allim. Kurang lebih kata beliau:

“Kalian masih ingat kan salah satu hapalan dalam pelajaran mahfudhat: “akhii lan tanalal ‘ilma illa bi sittatin. Saunbiika ‘an tafshiliha bi bayaanin:…..wa dirhamun”….Nah kan cara mendapatkan ilmu itu ada 6 perkara, salah satunya adalah dengan dirham. Ini dirhamnya….” Beliau pun membagikan dirham kepada para santri sebagai mustahiq yang berasal dari para muzakki yang menyerahkan zakat dirhamnya kepada Amir Zaim Saidi.

Di ulul albab2

Selanjutnya, Amir Zaim Saidi pun menjelaskan, dirham itu koin perak dengan berat 2,975 gram. Pada umumnya dapat ditukarkan dengan seekor ayam.  Semoga penggunaan Dinar dan Dirham di banten kembali meluas.