Sebanyak 50 Dirham Zakat dan Sedekah dibagikan di Tanjungpura Darussalam

433

Pembagian zakat yang sesuai dengan rukunnya, yakni ditarik dan dibagikan dalam ayn dan bukan dayn, kembali dilakukan di Mangku Negeri Tanjungpura Darussalam.  Ada 50 Dirham perak banyaknya, zakat dan sedekah dibagikan kepada warga di sekitar Keraton Mangku Negeri, di Delta Sungai Pawan, Ketapang.

“Pembagian dilakukan oleh empat orang petugas yang ditunjuk Kiyai Mangku Negeri Haji Morkes Effendi,” ujar Muhammad Yasir Anshari, dari kerabat Keraton.

Kegiatan penegakan sunnah muamalah dan rukun zakat telah dimulai beberapa bulan terakhir ini di Mangku Negeri Tanjungpura Darussalam. Untuk memudahkan para  pemilik Dirham perak dalam berbelanja, Kiyai Mangku Negeri Haji Morkes Effendi telah pula menitahkan  agar  di halaman Keraton Tanjungpura Darussalam, diselenggarakan pasar sepekan sekali. Pasar ini bebas sewa, bebas pajak, dan bebas riba.

Demikianlah, Sabtu pekan lalu 50 Dirham perak itu dibagikan di sekitar Delta Pawan. Esok harinya, Ahad, perdagangan berdasarkan sunnah Rasul SAW, kembali berlnagsung di Pasar Muamalah Kiyai Mangku Negeri.  Dari sini, kegiatan muamalah akan terus diperluas, dengan mengajak para pedagang di kota Ketapang, untuk mulai menerima pembayaran dengan Dinar dan Dirham.

Persiapan Zakat Ketapang