Berdiri Sudah, Hisbah dan Baitul Mal Mangku Negeri Tanjungpura Darussalam

498

Dengan telah berjalannya berbagai  kegiatan muamalah di Mangku Negeri Tanjungpura Darussalam, seperti penyelenggaran pasar, pengedaran Dinar emas dan Dirham perak, serta penarikan dan pembagian zakat, dimulailah pembenahan kelembagaan.  Ada dua hal pokok yang disegerakan, yaitu didirikannya Hisbah, yang akan mengurusi hal-hal yang berkaitan dengan pasar dan kepentingan umum lainnya; kedua didirikannya Baitul Mal yang mengurusi masalah keperbendaharaan dan harta.

Demikian sebagaimana disampaikan oleh Bpk Muhammad Yasir Anshari yang memimpin rapat pembenahan negeri, di Balai Dalam Mangku Negeri Tanjungpura, 16  Juni 2016 lalu. Ditunjuk sebagai Muhtasib Mangku Negeri Tanjungpura Darussalam adalah Bpk Nanang Yusrik, sedangkan selaku Nadzir al Amm Baitul Mal Mangku Negeri Tanjungpura adalah Bpk Muhammad  Puadi.

Rapat Hisbah

Foto: Rapat Pembentukan Hisbah dan Baitul Mal Mangku Negeri Tanjungpura Darussalam, 16 Juni 2016.

Rencana besar tahap berikutnya adalah pencetakan koin Dinar emas dan Dirham perak atas nama Kyai Mangku Negeri Haji Morkes Effendi, mengikuti beberapa sultan di Nusantara lainnya yang telah mencetaknya. Yang terbaru mencetak Dirham perak adalah Sultan Haji Huzrin Hood dari Kesultanan Bintan Darul Masyhur (KBDM).

Pembenahan kelembagaan di Mangku Negeri Tanjungpura Darussalam ini mengikuti sunnah Rasul SAW dan para Sahabatnya, serta sebagaimana dijalankan oleh para ulil amri muslimin di sepanjang sejarah Islam. Dengan model yang sesuai sunnah itulah maka, setahap demi setahap, syariat Islam dapat diterapkan.  Semoga dengan mulai terbentuknya beberapa perangkat negeri ini maka amar Islam pada sauatu saat dapat kembali ditegakkan secara paripurna.