Tiga Bank Besar Singapura Turun Peringkat, Jadi Negatif

401

Lembaga Pemeringkat Bisnis, Moody Investors Service, telah menurunkan peringkat kredit dari Tiga Bank besar  Singapura dari stabil menjadi negatif, terkait  kekhawatiran atas kualitas aset bank dan profitabilitas yang terus merosot. Bank-bank yang mengalami penurunan peringkat adalah DBS Bank, induknya DBS Group Holdings, Oversea – Chinese Banking Corp (OCBC) dan United Overseas Bank (UOB.  Moody mengeluarkan pernyataannya pada hari Kamis (31 Maret, pekan lalu.

“Moody memprediksi  kondisi kredit untuk bank-bank di Singapura akan terus melemah akibat  pertumbuhan ekonomi dan perdagangan yang lambat, baik di dalam negeri dan di kawasan ini,” kata lembaga pemeringkat tersebut.

Laporan Moody menyebutkan bahwa bank-bank Singapura akan mengalami  tingkat kredit bermasalah yang lebih tinggi di masa dekat ini.

3 bank Singapura

Saat ini Moody memeringkat DBS Bank, OCBC, dan UOB di Aa1, tertinggi kedua dalan peringkat jangka panjang. DBS Group Holdings berperingkat di AA2, setingkat di bawah bank-bank lainnya.

Industri perbankan adalah motor utama penggerak riba. Semuanya dilandasi pada model pengelabuan, sejenis arisan berantai, karena itu jatuh bangun adalah bagian dari kehidupan pertbankan. Riba adalah kebatilan, yang pasti akan musnah.