Ukraine Terjerat Paket Utang IMF, 17.5 Miliar Dolar AS

407

Bangsa Ukraine bakal makin susah hiodupnya. Ini karena Bank Nasional Ukraine kembali dijerat utang oleh Dana Moneter Internasional dari (IMF), sebesar 17.5 miliar dolar AS. Inipaket yang diperjanjijan sejak 2015 lalu, selama empattahun, hingga 2019.

Tahap keempat dari kredit Dana Moneter Internasional sebesar $ 1 miliar kembali dikucurkan ke Bank Nasional ke Ukraina pekan ini.

IMF menyetujui program empat tahun dari bantuan keuangan ke Ukraina itu sejak Maret 2015. Kiev sebelumknya telah menerima tiga tahap bantuan sebesar  7,7 miliar dolar AS dalam program untuk “menghidupkan” kembali perekonomian dan negara mengharuskan pelaksanaan reformasi ekonomi.

Pada hari Senin awalpekan ini, IMF resmi mentrasnfer sebesar  1 miliar dolar AS sebagai “bantuan”  keuangan ke Ukraina agar  perekonomian negara secara perlahan “pulih” kembali. Pada saat yang sama, IMF menekankan dalam siaran pers pada hari Selasa kebutuhan untuk mempercepat laju reformasi struktural dan tata kelola di Ukraina untuk mencapai pertumbuhan ekonomi yang lebih kuat.

Maknanya, segala kebijakan IMF lah yang harus dijalankan oleh pemerintah Ukraina, bukan kepentingan rakyatnya sendiri.