Yuan China Resmi Masuk “Basket Currency” IMF. Jadi Penantang Dolar AS?

843

Mata uang Yuan Cina telah resmi ditambahkan ke ‘basket currency”  IMF. Ini menjadi mata uang pertama yang ditambahkan sejak munculnya euro, pada tahun 1999.  Masuknya yian mengakhiri perjuangan Beijing untuk membuat yuan diterima secara internasional, seperti dolar AS. Mata uang yang sejauh ini diterima dalam sistem IMF adalah: dolar AS, euro, yen, dan pound Inggris. Sekarang bertambah yuan!

Keputusan itu berarti yuan China akan  digunakan sebagai salah satu mata uang pinjaman Dana Moneter Internasional (IMF) pada saat suatu negara dana perlu dana talangan ekonomi darurat. Inimenguntugnkan Chinam tentu saja,  karena  meningkatkan legitimasi mata uangnya.

Langkah ini juga merupakan bukti yang berkembang, makin kuatnya peran China sebagai kekuatan untuk menantang dominasi ekonomi global Amerika Serikat.

yuan.bundle1

Jim Rogers, seorang analis dan investor ternama dunia, menyatakan bahwa Renminbi, atau yuan,  adalah satu-satunya  mata uang yang dapat menantang dolar AS menjadi mata uang cadangan dunia.

“Ini sedang bergerak dan bergerak cepat. Dolar AS adalah mata uang yang sangat cacat; renminbi selama ini memiliki masalah, yang utama sekarang adalah Anda tidak dapat membeli dan menjualnya. Ini adalah mata uang yang selama ini diblokir. Tapi akhirnya akan berubah dan mungkin yuan  akan mampu menantang dolar AS,” ujar Jim.

Hari ini yuan secara luas mulai dipakai di Hong Kong, dan di Macau.  Di Singapura mulai diminati. Jim Rogers meyakini tak lama lagi yuan akan sangat luas dipakai.